Pembayaran pajak motor
Tips

Bayar Pajak Motor 5 Tahunan di Pekanbaru

Bagi pengendara motor, setiap 5 tahun sekali, kita tidak hanya harus membayar pajak motor, tetapi sekaligus saatnya untuk ganti plat nomor juga. Bagi warga pekanbaru, kita bisa membayar pajak motor di Samsat Kota Pekanbaru yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No.6, Sidomulyo Tim., Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28121 atau bisa klik link ini untuk lokasinya di Google Maps.

Pembayaran pajak motor 5 tahunan sedikit berbeda dari biasanya. Kita harus melakukan cek fisik kendaraan yang bisa dilakukan di kantor samsat juga. Lokasinya berada di ujung belakang sebelah kiri kantor samsat. Di sana motor Anda akan di foto, kemudian akan dilakukan pengecekan motor oleh teknisi. Setelah itu, Anda akan mendapat surat keterangan lolos cek fisik. Owh iya, jangan lupa bawa STNK dan BPKB motor ya.

Kemudian, Anda masuk ke kantor samsat dan serahkan STNK untuk di cek polantas. Dari sana Anda akan di arahkan untuk ke loket F. Letakkan STNK, KTP, BPKB dan surat keterangan cek fisik di loket. Anda tinggal menunggu di panggil untuk melakukan pembayaran pajak motor. Kemudian di panggil sekali lagi untuk pengambilan STNK baru.

Setelah pembayaran pajak selesai, jangan lupa untuk kembali ke tempat pengecekan fisik motor. Di sini kita akan mengambil plat motor baru. Cukup berikan STNK Anda ke loket pengambilan plat motor baru. Saya menghabiskan waktu lebih kurang 30 menit saja untuk mendapat plat motor baru di sini.

Proses di atas harusnya selesai dalam waktu 1 jam atau lebih, tetapi tidak bagi saya. Saya menghabiskan waktu 2 bulan lebih untuk proses tersebut. Mengapa? Karena terlalu cepat melakukan pembayaran pajak yang akan jatuh tempo pada bulan April. Saya datang melakukan pembayaran pada bulan Januari dan sayangnya sistem tidak bisa menginput data pembayaran pajak saat itu. Pak Polantas menyarankan saya untuk melakukan pembayaran di bulan berikutnya. Alhasil pada akhir Maret saya datang kembali untuk melakukan pembayaran. Untungnya cek fisik yang dilakukan pada bulan Januari masih berlaku, sehingga saya cukup membayar pajak dan mengambil plat motor baru saja. Semoga teman-teman yang membaca artikel ini, dapat belajar sesuatu dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Leave a Reply