Singkong
Food,Life Lessons

Masakan Rumahan Alias Masakan Mama: Makanan Kesukaan ‘Singkong Air’

Adakah di dunia ini yang punya makanan kesukaan tapi tidak tahu menyebutkan namanya dalam bahasa nasional alias Indonesia? Ini yang terjadi pada saya. Saya tidak tahu nama makanan kesukaan sendiri dalam bahasa Indonesia. Makanan ini sudah ada dalam keluarga kami sejak saya kecil. Kami cuma tahu namanya dalam bahasa dialek Hokkian “Ciu Che Teng” yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti “Singkong Air”. Sangat aneh untuk sebuah nama makanan dalam bahasa Indonesia.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Makanan ini sudah dimasak oleh ibu saya waktu kami kecil. Makanan inipun berhasil saya nobatkan menjadi makanan favorit semenjak saya SMA/Kuliah (Ops lupa!). Sampai saat ini, makanan ini tetap menjadi makanan favorit.

Seingat saya, dulu makanan favorit ini disajikan saat sore sekitar jam 3 atau 4 sore, tetapi semenjak bekerja, makanan ini selalu dimasak sebagai menu sarapan oleh ibu saya.

Makanan “Singkong Air” ini simple dan terjangkau, yang lebih penting tentu rasanya yang enak dan lezat. Oh ya, ini makanan asin dan pedas yah, bukan manis. Berikut beberapa foto dari makanan tersebut, jika ada yang tahu nama makanan ini dalam bahasa Indonesia, tolong tinggalkan komentar pada artikel ini.

Karena tidak banyak yang tahu dan bisa merasakan lezatnya makanan ini, maka saya pernah bermimpi agar orang lain bisa juga merasakan hal tersebut. Saya pernah bercita-cita berjualan makanan ini. Yah, ini merupakan salah satu mimpi yang tidak pernah saya coba lakukan sampai sekarang. Apakah kedepannya ini akan terjadi? Siapa yang tahu.

Leave a Reply