BNI Mobile Banking
Financial,Tips

Early Redemption SBR

Tidak terasa satu tahun telah berlalu semenjak saya membeli obligasi pertama saya. Obligasi negara pertama yang saya beli adalah SBR005. Anda dapat membaca pengalaman pertama saya membeli SBR di link artikel berikut.

SBR mempunyai jangka waktu jatuh tempo 2 tahun, tetapi kita punya opsi early redemption 1 tahun setelahnya yang berlaku 50% dari nilai investasi. Dimana sisa nilai investasi early redemption adalah 1 juta. Apabila Anda membeli 2 juta, maka tahun berikutnya dapat menarik early redemption sebesar 1 juta. Tetapi apabila Anda hanya membeli 1 juta, maka early redemption tidak dapat dilakukan. Oh ya, early redemption berlaku untuk perpesanan dan Anda dapat melakukan pembelian SBR berkali-kali.

Karena 1 tahun telah berlalu semenjak saya membeli SBR005, maka saya punya opsi early redemption. Lumayan untuk modal membeli SBR009 :D. Oh ya, Anda tidak bisa menarik dana early redemption sesuka hati, karena tanggal jangka waktu early redemption SBR005 telah ditentukan, yaitu tanggal 27 Januari 2020 pukul 09:00 WIB dan berakhir pada tanggal 4 Februari 2020 pukul 15:00 WIB.

Sebelumnya saya mencatat tanggal early redemption pada notes diaplikasi, tetapi ternyata saya tidak perlu susah payah untuk mencatat tanggal tersebut, karena beberapa hari sebelum tanggal early redemption sudah masuk SMS notifikasi pengingat.

Saat tanggal pencairan early redemption tiba, langsung saya proses donk. Saya melakukan proses pencairan early redemption melalui aplikasi mobile banking BNI, karena sebelumnya membeli SBR005 melalui aplikasi Bank BNI. Caranya cukup gampang dan mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka dan login ke aplikasi BNI mobile banking.
  2. Kemudian buka menu Investasi dan pilih SBN Retail.
  3. Lalu pilih menu Redemption, maka akan muncul pilihan SBR yang bisa early redemption.
  4. Setelah itu maka SBR Anda bisa dicairkan dengan memasukkan password transaksi.
  • Langkah 1 pencairan early redemption SBR BNI mobile banking
  • Langkah 2 pencairan early redemption SBR BNI mobile banking
  • Langkah 3 pencairan early redemption SBR BNI mobile banking
  • Langkah 4 pencairan early redemption SBR BNI mobile banking

Pencairan early redemption SBR005 sayapun selesai, uangnya langsung saya investasikan lagi dengan membeli SBR009. Putar terus donk uangnya selagi masih dingin :p.

Leave a Reply