Remote Working or Work From Home
Life Lessons,Teknologi,Tips

Remote Working Programmer Minimalist Software Pack

Pada artikel kali ini, penulis akan share beberapa aplikasi yang digunakan penulis sebagai seorang remote working programmer. Disini saya memakai 3 software sebagai penunjang pekerjaan, yaitu:

Trello sebagai Project Management Software: Digunakan untuk manage kerjaan, baik digunakan sendiri, untuk project, kerjaan divisi, task dari atasan ke bawahan. Dengan Trello kita bisa set task yang sedang kita kerjakan, set deadline atau timeline, set task yang mengalami kendala dan butuh bantuan rekan kerja lain, set prioritas kerjaan, dan sebagainya. Dengan adanya Trello, maka kita bisa melihat siapa lagi kerjain apa. Bagi atasan, maka tidak perlu setiap 5 menit mengecek karyawannya dengan cara dichat atau telepon. Cukup pantau dashboard Trello, setiap task sudah ada timeline masing-masing, jika lewat waktu timeline maka sudah ada notifikasi langsung dari Trello. So, trust your employee for doing it, do not need to micro manage.

GitLab sebagai Git Hosting Repository: Penting sekali digunakan untuk sesama team programmer. Fungsinya agar dapat lebih mudah berkolaborasi dengan team kerja dalam melakukan update pada kodingan program secara realtime. Bisa digunakan untuk code review dan tentunya sebagai tempat hosting source code kita.

Slack sebagai Chat and Communication Platform: Kalian pasti punya banyak grup Whatsapp/Telegram untuk kerjaan, grup project (1 project min 1 grup)?, grup team/divisi? grup departemen? grup manajemen? grup ngomongin bos?, belum lagi digabung grup pribadi seperti keluarga, alumni sma, smp, sd, tk, paud? Sehingga tiap ada chat kerjaan diluar jam kerja, kalian terpaksa mengabaikan chat pribadi juga biar ga ketahuan online (ngaku aja deh :p). Nah, untuk masalah kerjaan bisa beralih ke Slack aja untuk memanage grup-grup tersebut.

The software main purpose is not to support work from home, but it does make no differences if you work at office or home with it. Fungsi utama software tersebut bukanlah untuk fasilitas WFH, tetapi dengan menggunakan software tersebut, maka programmer mau bekerja di mana dan kapan saja menjadi mudah dan gampang. Hal ini menjadi salah satu privilege bagi programmer. Ingat! tidak semua pekerjaan dapat diperlakukan seperti itu, so as programmer, appreciate it while you can in the current condition!

Jadi, sudahkah pekerjaan kalian bisa WFH walaupun tidak ada pandemic virus corona?

Leave a Reply