Unregister Nomor Telkomsel
Teknologi,Tips

Unregister Nomor TSEL Yang Tidak Aktif

Kalian sudah tahukan peraturan dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 01/2018 dan Surat Ketetapan BRTI No. 3/2008 yang terbit pada 21 November 2018, yaitu pengguna hanya bisa melakukan registrasi maksimal tiga nomor kartu SIM untuk tiap operatornya. Selain itu kita juga wajib mendaftarkan nomor E-KTP dan Kartu Keluarga (KK), termasuk ketika membeli nomor baru dari agen pulsa.

Ribet memang, tetapi hal itu sama sekali tidak berpengaruh bagi saya. Sampai akhirnya, ketika saya membeli modem Mifi Huawei di Tokopedia. Masalahnya bukan terletak pada modemnya, tetapi pada kartu TSEL yang disertakan dimodem tersebut. Kita harus mendaftarkan sendiri nomor TSEL tersebut. Masalahnya muncul karena saya telah memiliki 3 nomor provider TSEL yang terdaftar dengan nomor E-KTP saya.

Eits, tunggu dulu! Gampangkan, tinggal unregister salah satu nomornya. Iya, memang solusinya adalah unregister salah satu kartu TSEL tersebut. Tapi masalah lainnya adalah, ada satu nomor TSEL siluman yang terdaftar dengan nomor E-KTP saya. Saya saja tidak ingat pernah mendaftarkan nomor tersebut.

Masalah berikutnya adalah kita tidak bisa unregister sendiri kartu yang tidak aktif atau tidak ada pada kita. Untuk unregister kartu TSEL, kita harus mengirimkan SMS dari nomor tersebut, sedangkan saya saja tidak ingat pernah memiliki nomor TSEL yang tidak diperlukan tersebut. Sedangkan kedua nomor lainnya tidak mungkin saya unregister, karena masih digunakan.

Setelah melakukan browsing dari mesin pencarian Google, solusi untuk unregister nomor TSEL yang sudah tidak aktif atau tidak kita miliki lagi adalah dengan datang sendiri untuk mengurusnya di GraPARI Telkomsel. Akhirnya saya keluar dari rumah untuk mengurus hal ini di GraPARI Telkomsel Mal SKA Pekanbaru ditengah maraknya info wabah virus Corona.

Tentu saja antrian di GraPARI Telkomsel tidak seramai biasanya karena adanya wabah penyakit Covid-19 ini. Oh ya, saat masuk pintu Mal SKA Pekanbaru, kita wajib membersihkan tangan dengan Hand sanitizer yang telah disediakan dan cek suhu tubuh oleh petugas security. Tidak hanya itu, di dalam GraPARI Telkomsel pun disediakan Hand Sanitizer juga. Para pegawai juga telah sigap dengan memakai masker termasuk kebanyakan pelanggan yang telah ada di sana. Saat artikel ini ditulis, Kota Pekanbaru ada satu pasien positif virus Corona.

Kembali ke topik utama, unregister kartu ini selesai dengan cepat. Kita cukup menunjukkan E-KTP pada customer service, kemudian katakan nomor TSEL mana yang akan diunregister. Cuma butuh waktu beberapa menit bagi petugas untuk menyelesaikan hal tersebut.

Selain unregister nomor TSEL, saya juga meng-upgrade paket kartu Halo. Paket saya yang sebelumnya adalah 2GB kuota internet, 60 menit telepon ke sesama TSEL, dan 100 SMS perbulannya dengan harga Rp. 55,000 menjadi paket Halo Kick! Gold dengan kuota internet 30GB (15GB kuota semua jaringan dan 15 GB kuota entertainment), 100 menit telepon sesama TSEL, 40 menit operator lain, dan 200 SMS perbulannya dengan harga Rp. 100,000 belum termasuk pajak 10%. Untuk mendaftar paket ini, saya harus membayar tagihan selama 3 bulan ke depan, yaitu Rp. 300,000 dan ini belum termasuk pajak.

Sekian pengalaman saya dalam unregister kartu provider Telkomsel yang sudah tidak aktif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Anyway, please stay home, jangan keluar kecuali ada kebutuhan yang penting.

Leave a Reply