Membaca Buku
Book,Tips

Satu Tip Simple Merawat Buku yang Sedang Dibaca

Sebagai seorang yang sering membeli dan membaca buku, tentunya koleksi buku saya lumayan menumpuk. Apalagi saat tahun dimana saya membaca 2 sampai 3 buku perbulan, maka dalam setahun buku saya bisa sebanyak 20-30 buah. Oleh karena itu, saya sering memberikan buku yang sudah selesai dibaca kepada teman saya. Salah satu komentar teman saya, saat mendapat buku tersebut adalah “Kok masih baru? Apa tidak dibaca ini?”. Oh tentu saya baca teman, cuma saya punya sebuah tip simple dan mudah agar buku yang kita baca selalu terlihat baru.

Tip nya mudah sekali, yaitu dimuseumkan dan jangan lanjut dibaca :D. Bercanda, bukan itu tipnya. Tipnya sebenarnya sangat simple dan bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 1 menit. Apa itu? Ini dia langkah-langkahnya (* Sstt, yang penting hanya Langkah 5):

  1. Pergi ke toko buku terdekat!
  2. Pilih dan beli buku yang ingin anda baca. Ingat Beli! jangan Nyolong!
  3. Kemudian pulang ke tempat tinggal Anda.
  4. Buka sampul plastik buku yang Anda beli.
  5. Treng treng treng……. ini dia langkah yang ditunggu. Lipat kedua sisi cover buku (depan dan belakang) secara perlahan sesuai garisnya.
  6. Dan buku siap dibaca dalam keadaan lebih awet.

Mengapa melipat cover buku? Kalian tahukan cover buku adalah hal pertama yang dilihat orang saat ingin membaca buku. Walaupun ada pepatah yang mengatakan jangan hanya melihat buku dari covernya (eh sampul :p). Tetapi tidak bisa kita pungkiri, cover buku yang menarik adalah salah satu faktor yang membuat kita ingin mengatahui lebih lanjut tentang isi buku tersebut. Tidak hanya itu, cover buku adalah benteng pertahanan utama sebuah buku. Kalau cover buku rusak, maka isi bagian dalam buku juga mudah rusak. Karena itulah kita perlu melipat cover buku, agar saat dibaca atau dibuka, cover buku tersebut sudah tahu bagian mana yang akan melipat. Dengan begitu cover buku akan lebih awet, walaupun kita sering membolak balik halaman buku saat membaca.

Mudah, gampang, dan sudah tahu kan alasannya kenapa? Tunggu apalagi? Ayo ke toko buku terdekat dan beli sebuah buku untuk dipraktekkan. Kalian bisa beli buku di Gramedia, Periplus, Books & Beyond, Toko Gunung Agung, dll. Eh, tapi jangan hanya untuk coba-coba saja. Cari dan beli buku yang benar-benar ingin kalian baca ya.

Note: Tip ini saya tahu dari abang saya 😀

Leave a Reply