Andrew Robertson
Soccer,Sport

Andrew Robertson, Bek Sayap Kiri Liverpool FC

Left Back alias pemain bek sayap kiri. Ada yang punya pemain favorit pada posisi ini? Mungkin tidak banyak. Kebanyakan orang akan memilih striker atau playmaker sebagai pemain favorit mereka. Kali ini saya akan menulis tentang cerita seorang pemain bek sayap kiri, Andrew Robertson.

Andrew Robertson, sekarang bermain sebagai bek sayap kiri Liverpool adalah pemain berkebangsaan Skotlandia yang lahir pada 11 Maret 1994. Saat berumur 15 tahun, Akademi Celtic menolaknya, karena dia memiliki postur badan yang kecil dan tidak cocok untuk bermain sepakbola profesional. Tetapi itu tidak membuatnya patah semangat, akhirnya dia ditampung di klub akademi Queen’s Park, salah satu klub medioker di Skotlandia. Selama bergabung di Queen’s Park, Robertson juga bekerja paruh waktu sebagai kasir penjual tiket. Tiga tahun berada di Queen’s Park, akhirnya Robertson berhasil menembus tim utama klub tersebut.

Setelah itu Robertson di rekrut Dundee United, yaitu klub yang bermain di Liga Primer Skotlandia. Diakhir musim 2013/2014 Robertson dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Liga Primer Skotlandia. Diakhir musim itu juga dia dibeli oleh Hull City, klub yang bermain di Liga Premier Inggris saat itu.

Robertson bermain di Hull City selama 3 tahun, tahun pertama saat Hull City berada di Premier League. Kemudian, tahun kedua saat Hull City terdegradasi dan tahun ke-3 kembali bermain di Premier League saat Hull City dipromosikan kembali. Di akhir musim tahun ke-3 tersebut, Hull City kembali terdegradasi ke Championship. Saat itulah Andrew Robertson dibeli oleh Liverpool seharga 8 Juta Poundsterling pada tanggal 21 Juli 2017.

Saat itu Robertson dibeli sebagai cadangan Alberto Moreno, pemain bek sayap kiri Liverpool musim 2017/2018. Performa Alberto Moreno sedang menanjak saat itu, tetapi pada akhir tahun 2017, Alberto Moreno cedera. Kesempatan Robertson untuk tampil pun datang saat itu.

Para fans Liverpool saat itu skeptis dan tidak berharap banyak dengan pembelian ini, terutama posisi bek sayap kiri, karena sudah lama tidak ada pemain bagus bermain untuk Liverpool diposisi ini. Perlahan tapi pasti, Robertson mengambil hati para fans Liverpool. Tidak hanya bertahan dan menyerang dengan baik, tetapi Robertson selalu memberikan lebih dari 100% disetiap pertandingan. Semangatnya dalam mengejar bola dan memberikan pressing ketat kepada tim-tim lawan, walaupun sudah dimenit-menit akhir pertandingan, membuat fans Liverpool semakin cinta pada pemain satu ini. Semenjak itulah, walaupun Moreno sudah sembuh dari cedera, posisi utama bek sayap kiri Liverpool sudah menjadi milik Andrew Robertson.

Hingga pada detik artikel ini ditulis, Andrew Robertson yang konon postur tubuhnya tidak cocok sebagai pemain bola profesional, telah bermain dalam 2 kali final Liga Champions 2 tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2018 dan 2019. Hal ini dia capai dalam 2 musim pertamanya di Liverpool, dimana pada tahun 2019 Liverpool berhasil menjuarai Liga Champions yang terakhir kali dimenangi pada tahun 2005. Ini merupakan tropi pertama Andrew Robertson dengan Liverpool.

  • Andrew Robertson Journey
  • Andrew Robertson with His First Champions League Trophy in 2019

Leave a Reply