Pantai Padang Melang, Letung, Anambas
Travel

Kepulauan Anambas: Letung, Pulau Jemaja

Letung adalah salah satu kelurahan di Pulau Jemaja yang berada di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Negara Indonesia, kawasan Asia Tenggara, Benua Asia dan berada di Planet Bumi. Lengkap kan? tapi mudah-mudahan tidak salah. Kalau lengkap tapi informasinya tidak benar kan bisa gawat. Jika salah tolong tinggalkan komentar atau maki-maki juga boleh di blog ini :D.

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi beberapa tempat wisata yang sempat saya kunjungi saat berada di Pulau Jemaja. Saya datang ke Pulau Jemaja selama beberapa hari, karena akan menaiki pesawat penerbangan ke Batam dari sini. Ini merupakan salah satu pilihan transportasi di pertengahan Desember 2018, karena saya datang ke Anambas diwaktu yang kurang tepat. Bagaimana tidak, hujan terus menerus disertai ombak yang tinggi menyebabkan banyak kapal tidak diizinkan untuk berlayar. Bahkan penerbangan saya sempat didelay selama 24 jam, karena cuaca yang tidak bersahabat.

Oh ya, langsung saja, inilah beberapa tempat menarik yang sempat saya kunjungi saat berada di Letung, Pulau Jemaja:

 

Pantai Kusik

Pantai dengan pasir putih dan halus serta laut biru yang membentang luas ini menjadi tempat wisata pertama yang saya kunjungi di Letung. Jaraknya tidak begitu jauh dari Pelabuhan Letung. Jika memakai sepeda motor, maka memerlukan waktu kurang dari 15 menit. Rutenya mudah dilewati, karena jalannya sudah beraspal, kecuali rute saat sudah berada dekat dengan Pantai Kusik. Hanya ada jalan kecil naik turun yang sudah rusak, tetapi itu tidak menjadi masalah, karena setelah itu kita bisa melihat Pantai Kusik yang indah dan menawan. Oh ya, abaikan bendera partainya. Tidak ada korelasi dengan pilihan politik saya. Walaupun warna bendera partainya cocok dengan latar laut biru di Pantai Kusik.

This slideshow requires JavaScript.

 

Air Terjun Neraja

Lokasi Air Terjun Neraja terletak jauh dari pinggir Pulau Jemaja. Untuk menuju ke lokasi ini memerlukan waktu lebih kurang 30 menit dengan mengendarai motor, masuk ke pemukiman penduduk yang jauh dari pantai. Walaupun begitu, jalan menuju ke sini bisa dibilang bagus dan tanpa hambatan sama sekali. Tidak perlu takut akan tersesat, karena penduduk lokal di sini akan berbaik hati menunjukkan arah menuju Air Terjun Neraja.

Salah satu keunikan Air Terjun Neraja adalah terdapat 2 buah kolam yang berada di antara aliran air terjunnya. Karena aliran airnya tidak begitu deras, jadi kita bisa berenang di 2 buah kolam tersebut. Tapi perlu diingat, kolam yang berada di atas cukup dalam, jadi kalau mau aman disarankan nyemplungnya di kolam ke-2 yang berada di bawahnya saja. Tidak hanya itu, ternyata di kolam ini juga terdapat ikan, walaupun saya sama sekali tidak tahu apa jenis ikan tawar tersebut.

This slideshow requires JavaScript.

 

Pantai Padang Melang

Terakhir, Pantai Padang Melang dengan garis pantai sepanjang 7-8KM merupakan salah satu garis pantai yang terpanjang di Indonesia. Konon katanya hanya pantai di Bali yang mampu menyaingi garis pantai di sini. Pantai Padang Melang sangat luas dan salah satu yang unik dari pantai ini adalah kita dapat melihat langsung titik pertemuan antara air laut asin dan air tawar dari dataran tinggi. Di titik ini ada arus  air tawar dengan warna coklat dari hutan bakau, kemudian air laut yang menuju pantai melalui ombak.

This slideshow requires JavaScript.

 

Dari ketiga tempat wisata di atas, Pantai Padang Melang adalah tempat yang paling mudah dikunjungi. Letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Letung, cukup sekitar 5 menit dengan mengendarai motor. Oh ya, di bawah ini saya sisipkan juga beberapa foto yang diambil di Pelabuhan Letung dan bandaranya.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply