Investasi SBR005
Financial,Tips

Investasi SBR005 dengan BNI Mobile Banking

Apa Itu SBR?

Awal tahun ini Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengeluarkan SBR. SBR alias Savings Bond Ritel adalah obligasi negara yang ditawarkan kepada individu WNI (Warga Negara Indonesia). Untuk awal tahun 2019, SBR yang diterbitkan adalah SBR005. Dengan membeli SBR, maka kita secara sah memberikan hutang kepada negara. Kerenkan? bayangkan negara berhutang kepada kita :D. Nah, uang tersebut akan digunakan negara untuk kegiatan-kegiatan produktif pemerintah, untuk lebih jelasnya buka link berikut.

Keuntungan Membeli SBR005

Apa sih keuntungan memiliki SBR? Kenapa kita harus membiarkan negara berhutang kepada kita? Salah satunya adalah bunganya yang lebih tinggi daripada deposito dan untuk SBR005 minimal 8.15% dengan pajak bunga 15%, berbeda dengan deposito dengan pajak bunga 20%. Selain itu, karena ini adalah produk pemerintah, jadi resiko jelas jauh lebih kecil.

Kapan Bisa Membeli SBR005?

Periode pembelian SBR005 adalah dari tanggal 10-24 Januari 2019. Diluar tanggal tersebut Anda sudah tidak bisa membeli SBR005 lagi, jadi pastikan tidak ketinggalan ya.

Dimana Membeli SBR005?

SBR005 bisa dibeli pada mitra distribusi berikut: Bareksa, BCA, Investree, Bank BTN, BNI, Tanamduit, Bank BRI, PermataBank, Mandiri, Modalku, Trimegah.

Berapa Minimal Pembelian SBR005?

SBR005 bisa dibeli dengan harga minimal Rp 1 Juta dan maksimal Rp 3 Miliar.

Kenapa Tidak Membeli SBR005

Karena waktu jatuh temponya adalah 2 tahun, maka uang investasi kita akan dipendam selama itu. Jadi, kalian tidak bisa mencairkan dananya semau kalian (tidak liquid). Investasi ini cocoknya bagi yang punya uang dingin dan tidak tahu mau diapakan, tetapi kalau Anda bisa memutar uang dengan buka usaha sih ya lebih bagus lagi :p.

Pengalaman Membeli SBR005 dengan BNI Mobile Banking

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli SBR, maka diharuskan datang terlebih dahulu ke kantor Bank BNI untuk mendaftarkan atau membuat SID (Single Investor Identification) yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI). Setelah mengisi form data personal dan finansial, maka perlu waktu lebih kurang 1×24 jam untuk diproses mereka.

Setelah itu, besok paginya saya coba membeli SBR005 dengan BNI Mobile Banking, tetapi belum bisa. Kemudian saya coba lagi pada siang hari dan baru bisa. Caranya cukup mudah kok membeli SBR005 dengan BNI Mobile Banking.

  1. Login ke aplikasi BNI Mobile Banking
  2. Pilih Menu Investasi
  3. Bagi yang sudah pernah membeli sebelumnya langsung ke Menu Pemesanan, tetapi bagi Anda yang baru pertama kali seperti saya, maka tinggal ikuti step by step dimulai dari menu paling atas, yaitu: Profil Investor, Rekening Dana, Rekening Surat Berharga, baru lanjut ke Menu Pemesanan.
  4. Setelah itu Anda akan mendapat email dengan nomor tagihan / kode billing yang terdiri dari 15 digit angka. Masukkan kode tersebut saat Anda membayar di Menu Pembayaran.
  5. Selamat Anda sudah berhasil berinvestasi dan memberikan pinjaman kepada negara :D.

Leave a Reply