Jenius Fintech Application
Financial,Tips

Aktifasi Jenius di Bank BTPN

Tahun 2018, apa ini tahunnya fintech? Yah, aplikasi fintech mulai bermunculan dari tahun-tahun sebelumnya. Sebut saja ada TCASH, OVO, GO-PAY, TokoCash, dll yang lagi genjarnya mempromosikan pemakaian dengan memberikan banyak promo-promo menarik kepada usernya melalui kerjasama dengan merchant tertentu. Tahun ini sepertinya aplikasi fintech bakal harus lebih mendewasakan diri agar lebih mudah dipakai dimana saja, bukan hanya melalui merchant tertentu.

Pada tulisan kali ini, saya akan memperkenalkan saah satu aplikasi fintech yang sedang penulis gunakan. Jenius, apakah sudah ada yang mengenal atau memakai aplikasi ini? Jenius merupakan aplikasi fintech yang bekerja sama dengan Bank BTPN dan bekerja layaknya perbankan. Anda dapat melakukan aktifitas perbankan seperti menabung, bertraksaksi, atau mengatur keuangan, dan semua itu dilakukan hanya menggunakan smartphone. Bahkan untuk registrasi dan membuka akun semua dapat dilakukan melalui aplikasi saja. Hanya saja kita tetap harus verifikasi ke Bank BTPN untuk mengaktifkan akun Jenius (Saat ini yang berdomisili di Jabodetabek tidak perlu verifikasi ke Bank, hanya untuk yang berada di luar Jabadetabek).

Berikutnya saya akan menceritakan pengalaman saat registrasi, aktifasi, penerimaan kartu debit sampai fitur yang sudah digunakan dengan aplikasi Jenius sampai saat ini.

Fitur & Promo Aplikasi Jenius.

  1. Top up saldo Jenius atau transfer uang ke rekening Jenius, gratis biaya transfer setiap hari Senin. Jika biasanya kita kena biaya transfer antar bank sekitar 6500, maka biaya tersebut tetap akan terpotong. Hanya saja biaya tersebut akan dikembalikan ke rekening Jenius kita paling lama sebelum 7 hari kerja. Promo yang ini sudah beberapa kali saya coba, tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang salah satunya adalah minimal transaksi Rp. 500.000.
  2. Isi pulsa maupun bayar tagihan pascabayar sebesar Rp. 400.000 perbulan dapat cashback sebesar Rp. 50.000. Syaratnya transaksi ini harus dilakukan setiap hari Kamis. Cashback diakumulasi setelah 1 bulan. Nah, yang satu ini sudah penulis coba, hanya saja belum 1 bulan. Nanti setelah 1 bulan akan diinfokan kembali hasilnya. Update: Ops! Benaran dapat loh cashback sebesar Rp. 50.000 :D.
  3. Menabung dengan fitur Flexi Saver. Fitur ini sudah saya gunakan, salah satu kelebihannya dibandingkan menabung di bank konvensional adalah bunganya yang tinggi, setara deposito, yaitu 5% pertahun. Bunga ini dihitung perhari dan diakumulasikan setiap bulan. Kemaren saya mendapat tambahan Rp. 9 di tabungan saya dengan tabungan kecil dari Rp. 1.000.000 dan potongan pajak bunga sebesar Rp. 2. Kecil sih, tetapi dibanding bank konvensional yang tiap bulannya memberi hasil minus, walaupun tabungan sudah di atas Rp. 30.000.000.
  4. Menggunakan kartu debit untuk mononton film di bioskop setiap hari Minggu mendapat cachback sebesar 50%. Wow, lumayan juga ne! Kemaren saya mencoba nonton film “Mati Kolam 2” alias Deadpool 2 seharga RP. 65.000 di hari Minggu. Cashback akan diterima setelah 5 hari kerja, akan saya update lagi setelah 5 hari kerja, apa benar ada cashback 50%. Update: Yang ini juga dapat cashback 50%, jadinya menonton hanya seharga Rp. 32.500 di hari Minggu.
  5. Biaya transfer antar bank gratis sebanyak 25 kali perbulan. Sudah saya coba transfer ke Bank Mandiri dan BCA, memang tidak dipotong biaya transfer, tetapi masih belum pernah coba transfer lebih dari 25 kali. Kalau sudah lebih dari 25 kali, akan kena charge seharga Rp. 3.000.
  6. Gratis biaya tarik tunai dijaringan ATM Prima/Bersama sebanyak 25 kali perbulan, selebihnya kena charge biaya Rp. 7.500. Kalau yang ini belum pernah saya coba. Akan saya update kembali artikelnya setelah dicoba. Update: Benaran ga kena biaya, setelah saya coba tarik tunai di ATM Mandiri dengan logo ATM Prima/Bersama.

Oh ya teman-teman, promo-promo diatas berlaku ada jangka waktunya, kecuali nomor 3, 5 dan 6. Jadi jangan lupa update terus syarat dan ketentuannya di website resmi Jenius.

Selain hal-hal di atas, sebenarnya masih banyak promo-promo lain dan fitur yang belum saya gunakan. Salah satunya yang menarik adalah e-Card sebagai alat transaksi online ke seluruh merchant visa. e-Card adalah kartu debit virtual yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit. Bedanya dengan kartu kredit adalah kita harus memiliki saldo terlebih dahulu di e-Card tersebut.

Bagi saya fitur ini menarik, karena dengan fitur ini, maka saya bisa melakukan pembayaran untuk hostingan web server. Selama ini saya membayar dengan kartu kredit setiap 3 bulan. Kenapa tidak 1 tahun? Padahal apabila bayar pertahun, maka akan mendapat diskon sebesar 10%. Alasannya adalah karena limit kartu kredit saya tidak cukup untuk digunakan pembayaran selama 1 tahun. Jadi harus membayar per 3 bulan. Dengan adanya fitur e-Card dari Jenius, maka untuk pembayaran berikutnya, saya akan melakukan pembayaran melalui e-Card Jenius. Hasilnya bakal saya update di artikel ini. Update: Kartu e-card nya berhasil saya daftar sebagai alat pembayaran, hanya saja belum saya coba bayar, karena belum topup saldo dan memang lagi tidak ada juga :p. Update terbaru lagi, akhirnya saya berhasil melakukan pembayaran server hosting dengan e-Card Jenius.

Cerita Registrasi & Aktifasi Akun Jenius

Sekarang Anda sudah tahukan beberapa kelebihan Jenius dibandingkan bank konvensional. Berikutnya saya akan sharing cara registrasi dan aktifasi akun Jenius. Sebelumnya download dulu aplikasinya di Google Play Store atau IOS Store. Tinggal search aja di store dengan keyword jenius.

Proses registrasi akun Jenius mudah, semudah mendaftar akun social media ditambah isi data pribadi seperti pembuatan rekening di Bank.

  1. Pada form registrasi kita bakal mengisi data personal, seperti email, nama, no Hp, alamat dan data lainnya.
  2. Jangan lupa siapkan KTP dan NPWP. Untuk NPWP sebenarnya bersifat opsional.
  3. Kemudian kita akan diminta mengupload gambar KTP, berikut selfie kita bersama KTP.
  4. Terakhir kita juga diminta untuk melakukan tanda tangan digital pada smartphone. Kalau ragu, silahkan latihan dulu dengan mencoba di kertas biasa.

Ops! ternyata ada 1 lagi ne yang bersifat opsional, tetapi rugi jika tidak dilakukan (jangan seperti saya). Apalagi kalau bukan akun referal. Apa fungsinya akun referal? Kegunaannya adalah memberikan bonus saldo awal sebesar Rp. 50.000 bagi pemberi akun referal dan bagi akun yang registrasi melakukan kode referal tersebut. Intinya dengan mencantumkan kode referal, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Jangan sampai kecolongan kayak saya ya, karena buru-buru jadinya ga dapat deh 50k nya. Oh ya sekalian promosi ne kode referal saya $masfran. Anda cukup isikan cashtag $masfran tersebut pada saat proses registrasi terakhir seperti pada gambar berikut.

Mudahkan cara registrasinya, Anda bahkan tidak perlu capek-capek ke Bank dan menunggu nomor antrian untuk pembukaan akun Jenius. Berikutnya saya akan share cerita aktifasi akun Jenius. Untuk proses kali ini Anda harus ke Bank, yaitu Bank BTPN yang bekerja sama dengan Jenius. Sebenarnya kalau Anda berdomisili di sekitar Jabodetabek, Anda bahkan tidak perlu ke Bank sama sekali, tetapi karena saya bertempat tinggal di Pekanbaru, Riau dan di sini belum ada jasa aktifasi akun Jenius, mau tak mau sayapun harus ke Bank BTPN. Tetapi prosesnya  cukup mudah kok.

Setelah registrasi melalui aplikasi, besok harinya saya pergi ke Bank BTPN untuk aktifasi akun Jenius. Bagi Anda yang berada di Pekanbaru, Riau silahkan datang ke Bank BTPN Sinaya KCP Riau yang berlokasi di Jalan Riau. Jika Anda dari Jalan Riau Ujung, maka lokasinya setelah melewati Kompleks RBC dan berada di sisi kanan jalan. Untuk proses aktifasinya cukup mudah, cukup berikan saja KTP dan NPWP(opsional) untuk di fotocopy petugas dan tanda tangan aktifasi. Setelah itu kita tinggal menunggu mendapat email telah aktifasi dari Jenius. Dalam kasus saya, setelah sampai ke rumah dari Bank, saya sudah mendapat email dari Jenius yang menyatakan akun saya sudah aktif dan tinggal menunggu pengiriman kartu M-Cardnya saja.

Setelah 10 hari lebih kartunya belum juga tiba. Padahal saya sudah harus berangkat ke Jakarta. Kemudian saat berada di Taman Anggrek saya bertanya ke stan Jenius perihal ini. Mereka bilang cukup ganti alamat korespondensi di dalam aplikasi untuk perubahan pengiriman alamat kartu. Sepuluh hari setelah itu, kartunya belum diterima juga. Proses dilanjutkan dengan mengirim email ke support Jenius. Menurut support kartu akan dikirim paling lama setelah 10 hari kerja, tetapi setelah 10 hari kerja kartunya belum saya terima juga. Sayapun mengirim email sekali lagi, yang kali ini disarankan untuk menelpon langsung ke supportnya. Dua hari setelah menelpon ke support, baru kartu saya terima. Fuh, akhirnya ya, dan sampai saat artikel ini ditulis, kartunya baru dipakai 1 kali saja, soalnya sebelumnya sudah bisa memakai fitur Jenius lainnya dengan aplikasi saja.

Tips Daftar/Registrasi Aplikasi Fintech

Sebelum mengakhiri tulisan kali ini, saya ingin berbagi sedikit tips tentang aplikasi fintech. Mumpung lagi membahas tentang fintech, jadi saya sisipkan saja diartikel ini. Tipsnya sederhana sekali, jangan terburu-buru mendaftarkan diri ke aplikasi fintech, mengapa? Belajar dari pengalaman sebelumnya, rata-rata aplikasi fintech menawarkan referal untuk mempromosikan aplikasinya. Jadi sebelum daftar, cari tahu dulu referal yang bisa digunakan, apa itu berupa link, kode voucher, cashtag, ataupun dalam bentuk lainnya. Dengan menggunakan referal, setidaknya kita bisa mendapat bonus yang ditawarkan aplikasi fintech tersebut.

Salah satu contohnya adalah saat saya mendaftar OVO. Sengaja saya cari di google untuk mencari kode referalnya yang ternyata berbentuk nomor handphone. Lumayan kan dapat poin 10.000 atau uang seharga Rp. 10.000. Kalau Anda juga berniat daftar OVO dan mendapat bonus poin 10.000 bisa masukkan kode nomor handphone berikut 082386870045.

Pada aplikasi fintech lainnya, saya mendapat bonus TCASH sebesar Rp. 100.000. Lumayan dapat beli kuota internet untuk dipakai selama 1 bulan. Kalau untuk aplikasi TCASH tidak ada referal, hanya saja promo pendaftaran bagi user baru. Sekedar info ini adalah akun TCASH saya yang kedua. Akun pertama saya buat saat awal peluncuran aplikasi dan promo yang didapat tidak sebanyak ini. Kemudian saya buat 1 akun lagi, karena tergiur dengan promo di atas. Jadi, sebagai pengguna kita tidak perlu terburu-buru mendaftar di aplikasi fintech. Silahkan cari tahu dulu apa promo yang bisa kita dapatkan sebagai user baru. Baru kemudian memakai aplikasi fintech tersebut.

5 Comments

  • roezd9

    artikel yang sangat bermanfaat
    trimakasih admin

    Reply

  • Zai

    Mau nanya, apakah sekarang juga masih berlaku promo Rp50.000 cashback buat yang berhasil ngajak orang daftar di Jenius? Soalnya kalau saya lihat di aplikasi, seperti tidak ada penjelasan tentang bonus sama sekali. Hanya sekedar ngajak aja.

    Reply

    • masfran

      Sudah tidak berlaku lagi yang ajak 1 orang dapat 50K. Sekarang promonya harus ajak 3 orang dalam rentang waktu 1 bulan dan mendapat promo 200K.

      Reply

      • Zai

        Ohh gitu.

        Btw, informasi yang ini mas dapatnya darimana? bisa bagi linknya mas? yang ajak 3 orang dapat 200k.

        Trus, kalau pingin mantau promo di Jenius harus lewat web ya? gak bisa via aplikasi?

        Thanks jawabannya

        Reply

        • masfran

          Justru dapat info dari aplikasinya mas, ada di bagian notifikasi sudut kanan atas. Kemudian klik tab info. Selamat mencoba mas

          Reply

Leave a Reply