Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat
Travel

Ada Apa di Hutan Kota Srengseng?

Hutan Kota Srengseng merupakan salah satu kawasan alam di daerah ibukota Jakarta. Kawasan ini terdapat di Srengseng, Jakarta Barat. Tempat ini saya kunjungi pada awal bulan Mei 2018. Berbekal promo Grab Bike pada bulan Mei sayapun tiba di Hutan Kota dengan biaya satu ribu rupiah saja.

Setelah tiba sekitar pukul setengah 12 lebih, saya langsung menuju ke dalam Hutan Kota Srengseng. Sebelum pintu masuk ada pos satpam yang menghentikan saya. Ternyata untuk masuk ke dalam dikenakan biaya tiket seharga 2 ribu rupiah. Dalam perjalanan masuk saya melihat sekumpulan anak kuliah dengan baju almameternya, yang mungkin melakukan  penelitian, tugas kuliah atau hanya sekedar jalan-jalan di sini.

Baru masuk sekitar 100m saya melihat banyak warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan. Di sampingnya terdapat tenda-tenda kemah yang disewakan. Di depan warung terdapat sebuah taman area bermain anak-anak. Di sini terlihat beberapa anak sedang bermain, tetapi tidak begitu ramai.

Kemudian, saya melanjutkan perjalanan masuk lebih dalam ke Hutan Kota Srengseng. Di samping kiri dan kanan terdapat pohon besar dan kecil. Beberapa dilabeli nama, seperti Mahoni dan Kenari. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Bauhunia purpurea yaitu bunga kupu-kupu. Alasan penamaannya tidak perlu dipertanyakan lagi, karena bentuk daun tanaman ini mirip kupu-kupu. Selain itu, sesaat sebelum saya melihat tanaman ini, seekor kupu-kupu hitam melintas dalam pandangan saya. Mungkin ini penyebabnya saya menjadi tertarik pada tanaman ini, sampai mengabadikannya beberapa kali dengan kamera.

Di tengah-tengah hutan kota terdapat sebuah danau. Beberapa orang terlihat memancing di masing-masing sudut danau yang airnya berwarna hijau ini. Air danau terlihat sangat tenang, sayangnya beberapa spot terlihat kotor. Walaupun terlihat kecil, tetapi saat dikelilingi danau ini terasa besar juga.

Selain pemancing, terlihat juga bapak-bapak yang membawa anaknya ke sini, dan tentunya beberapa pasangan muda yang berpacaran di perbagai sudut di hutan kota ini.

Tidak terasa saya telah mengelilingi hutan kota selama lebih kurang 1 jam. Tempat ini menurut saya cocok bagi introvert yang mau recharge energi ataupun hanya untuk sekedar bersantai ria. Beberapa spot yang agak jauh ke dalam sangat tercium aroma hijau alam. Beberapa spot sangat tenang dan sunyi, sehingga suara burung terdengar jelas. Over all tempat ini lumayan ok untuk sekedar jalan-jalan santai, sederhana dan bermakna. Anda dapat melangkahkan kaki dan menfokuskan pikiran untuk konsentrasi pada langkah kaki Anda, hanya langkah kaki Anda sebagai latihan meditasi sederhana.

Leave a Reply