Bayar pajak dan surat izin mengemudi motor
Tips

Pembayaran Pajak Motor dan Perpanjangan SIM C dalam Waktu 2 Jam di Pekanbaru

Sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum dan peraturan lalu lintas, maka kita wajib menunaikan kewajiban kita ke negara. Salah satunya adalah dengan cara membayar pajak kendaraan dan memiliki surat izin mengemudi. Saat ini proses pembayaran pajak kendaraan bermotor maupun proses perpanjangan SIM sangat mudah dilakukan.

Kali ini penulis akan berbagi pengalaman pribadi membayar pajak motor atau perpanjangan STNK tahunan dan memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) C yang sebentar lagi akan habis masa aktifnya. Kedua urusan tersebut hanya penulis selesaikan dalam waktu kurang lebih 2 jam saja.

Membayar Pajak Kendaraaan Bermotor / Perpanjangan STNK Tahunan

Sebelum membayar pajak motor, tentunya kita harus tahu di mana sih tempat pembayarannya. Tempat pembayarannya adalah di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau disingkat SAMSAT. Bagi Anda warga Pekanbaru bisa membayar pajak kendaraan di kantor SAMSAT yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No.6, Sidomulyo Tim., Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28121. Tepatnya sebelum Gedung Olahraga Remaja Pekanbaru, sebelum masuk ke jalan Arifin Ahmad.

 

Setelah sampai di kantor SAMSAT, berikut beberapa langkah mudah yang diperlukan untuk mengurus pembayaran pajak bermotor:

  1. Parkir kendaraan di tempat yang disediakan :D.
  2. Kunjungi bagian informasi dan jangan lupa berikan STNK asli dan KTP asli. Tidak perlu fotocopian lagi.
  3. Setelah itu berikan STNK dan KTP tersebut ke pak polisi yang tepat berada di sebelah bagian informasi untuk di stempel STNK-nya. Pak polisi tersebut kemudian akan mengabari kita harus ke loket mana setelah itu. Waktu itu saya diberitahu untuk ke loket B.
  4. Kemudian serahkan KTP dan STNK yang sudah di stempel tersebut ke loket B untuk proses pembuatan STNK baru.
  5. Sekarang Anda tinggal duduk diam dan menunggu sampai nama Anda di panggil. Setelah dipanggil, maka petugas akan memberitahukan berapa uang pajak yang harus Anda bayar.
  6. Setelah proses pembayaran selesai, maka petugas akan memberikan Anda STNK baru dan KTP and kembali.

Yah, begitulah proses pembayaran pajak tahunan untuk kendaraan bermotor. Proses tersebut memakan waktu kurang dari setengah jam saja. Cepat dan mudah kan?

Perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) C di Sim Keliling

Setelah membayar pajak kendaraan, saya melanjutkan perjalanan menuju ke mobil SIM keliling di Pekanbaru. Jadwal keberadaan SIM keliling tersebut saya dapatkan dari website berikut ini. Waktu itu hari Jum’at dan jadwal mobil SIM keliling berada di depan pasar sail, jalan Hang Tuah, Pekanbaru. Waktu operasinya dari jam 09.00 WIB – 14.00 WIB, untuk lebih lengkapnya silahkan cek link website di atas tadi.

Untuk pengurusan perpanjangan SIM C juga mudah dan tidak sulit. Sebelumnya pastikan Anda sudah fotocopi satu lembar KTP. Ya, cukup fotocopi 1 lembar KTP saja, untuk SIM tidak perlu sama sekali. Berikut cara pengurusan SIM di mobil SIM keliling:

  1. Temui petugas yang berada di jendela samping mobil SIM Keliling. Kemudian petugas akan meminta satu lembar fotocopian KTP dan SIM asli Anda.
  2. Setelah itu petugas tersebut akan memberi anda form untuk mengisi data diri anda dan cek kesehatan.
  3. Anda dapat mengisi form tersebut pada meja yang disediakan di samping mobil SIM keliling. Di meja tersebut ada petugas yang akan melakukan tes buta warna bagi Anda. Apabila ada hal yang tidak jelas pada saat pengisian form, bisa tanyakan pada mereka juga. Setelah tes buta warna, saya diharuskan membayar uang sebesar Rp. 35.000 dan menyerahkan kembali form tersebut pada petugas mobil SIM keliling.
  4. Setelah itu Anda disuruh untuk menunggu di samping pintu, karena apabila dipanggil nanti langsung stand by :D. Jangan khawatir, di sana disediakan beberapa kursi yang terletak persis di bawah pohon. Jadi tidak perlu takut kepanasan, karena tempatnya rindang.
  5. Tidak berapa lama kemudian saya di panggil untuk pengambilan foto dan sidik jari.
  6. Setelah itu Anda tinggal menunggu di luar sampai pencetakan SIM baru Anda selesai. Proses pencetakan SIM baru tidak sampai 5 menit. Setelah selesai dicetak Anda tinggal membayar uang sebesar Rp. 75.000 untuk proses pembuatan dan pengambilan SIM baru tersebut.

Tara! mudah dan simple bukan proses pengurusan perpanjangan SIM baru. Waktu pengurusannya paling tidak setengah jam saja.

Note: Pembayaran pajak kendaraan bermotor dan perpanjangan SIM C ini saya urus pada akhir bulan Maret 2018. Apabila syarat dan ketentuan sudah berubah mohon dimaklumi :D. Oh ya! satu hal lagi, KTP saya domisili Pekanbaru, saya juga tidak tahu apa KTP yang tidak berdomisili Pekanbaru bisa mengurus perpanjangan SIM di sini.

Leave a Reply