Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China
Book,Life Lessons,Tips

Cuplikan Pidato Jack Ma Tentang Pekerjaan

Bulan ini saya membaca buku Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China yang ditulis oleh sahabat sekaligus asistennya Chen Wei. Selain itu Chen Wei juga merupakan salah satu murid Jack Ma saat dia masih mengajar bahasa Inggris.

Di dalam buku ini terdapat banyak pelajaran berharga dan hal-hal yang bisa kita ketahui lebih dalam tentang Jack Ma. Tetapi kali ini saya akan berbagi satu cuplikan dari pidato Jack Ma yang sesuai dengan kondisi penulis saat ini. Pidato ini disampaikan Jack Ma pada bulan Juli 2013 pada upacara kelulusan mahasiswa jurusan sekolah bisnis Alibaba di Universitas Normal Hangzhou.

Topik pidato ini menyampaikan tentang pekerjaan dan kebahagiaan. Kebetulan saat ini saya baru saja resign dari pekerjaan sebelumnya. Salah satu alasan saya berhenti bekerja adalah tentu karena tidak bahagia lagi bekerja di tempat sebelumnya. Oleh karena itu, saat membaca cuplikan pidato tersebut, membuat saya merasa telah membuat keputusan yang tepat. Berikut cuplikan pidatonya yang ditulis kembali oleh Chen Wei dalam buku di atas:

Di dunia ini, setiap hari akan selalu ada kesempatan, tergantung bagaimana kalian menggenggamnya. Sampai kapanpun juga, jangan pernah memilih pekerjaan yang terbaik, tetapi pilihlah pekerjaan yang cocok dengan diri sendiri. Jangan pernah mengerjakan seusuatu yang paling hebat, tetapi kerjakanlah sesuatu yang paling membuat kalian merasa bahagia. Kebahagiaan adalah hal yang terpenting dibandingkan apapun sepanjang hidup manusia. Kebahagiaan adalah guru dan teman-teman yang mendoakan kalian, juga anak-anak kalian di masa depan yang akan mendoakan kalian. Asalkan melakukan sesuatu yang membahagiakan, barulah kalian bisa menjadi sosok yang luar biasa. Kita harus selamanya melihat dunia dengan optimistis, selamanya bicara jujur, selamanya berpikir dengan kepala sendiri. Saat orang lain berkata bahwa dia tak juga mendapatkan pekerjaan, saya yakin jika kalian benar-benar mencari, dunia ini akan selalu menyediakan pekerjaan. Kalian bekerja sehari, sama dengan mencintai pekerjaan itu sehari. Tunggulah kesempatan itu datang, lalu pilihlah satu ….

Jack Ma

Saya berharap cuplikan pidato di atas bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Berikut penulis sampaikan sedikit saran dan pengalaman pribadi. Ingat jangan memilih pekerjaan karena besarnya uang yang diterima, tetapi pilihlah pekerjaan yang membuat kita merasa bangga mengerjakannya dan bahagia tentunya, karena uang hanya memotivasi kita bekerja untuk segelintir waktu. Sedangkan sepanjang hidup kita lebih banyak dihabiskan untuk bekerja, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi pilihlah pekerjaan yang dapat membuatmu Bahagia.

Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China

Leave a Reply